Powered By Blogger

Senin, 27 Desember 2010

Setiap Aliran Sungai Pasti Merindukan Samudra


Semuanya sudah digariskan Sa.

Well, itu adalah mantra ampuh yang bisa menenangkan hati ini dikala rasa khawatir yang rese dan tak tau waktu datang menyapa hidup. Terutama menyangkut yang namanya JODOH.

Saya lahir di lingkungan keluarga yang benar-benar menanamkan pengertian bahwa dalam perjalanan hidup menuju pernikahan, tidak usah mengadakan acara pacaran-pacaran segala. Ya memang begitulah, dari jaman masih seragam merah putih sampai putih abu-abu, Ibu dan Bapak selalu saja mendoktrin pikiran saya dengan katakan tidak untuk pacaran, bahkan sampai  dipenghujung umur sembilan belas ini gak ada habis-habisnya itu nasehat. Ajaib kan?! Ya memang itulah keajaiban cinta mereka untuk putri sulungnya ini, ihik jadi terharu. 

Dan itu adalah hal yang saya pertahankan sampai sekarang, ya dengan tidak pacaran dengan siapapun. Tapi doktrin itu tidak lantas saya setujui begitu saja loh pembaca yang budiman, cukup lama saya mencoba memahami apa yang selalu dikatakan oleh bapak dan ibu tentang jalan menuju pernikahan. Namanya juga masih bocil (bocah kecil) yang masih dipenuhi pikiran-pikiran yang kalau di ingat-ingat sekarang hina banget deh sumpah ahahaha!

Oh iya, kenapa sih Bapak dan Ibu kekeuh seperti itu? Alasan apa sih yang tiap kali jadi kekuatan mereka untuk selalu menasehati saya tentang hal jalan menuju pernikahan nggak usah pake acara pacaran-pacaran? Olala, ternyata karena basic Bapak dan Ibu dulu juga nggak pacaran sodara-sodara.

Jadi Bapak dulu adalah seorang bujangan yang sudah bertugas di Ambon menjadi abdi negara mempertahankan keamanan NKRI, umumnya orang menyebutnya TNI gitu,  ehe. Nah Ibu adalah gadis desa yang belum kuliah karena berkorban dulu buat kedua kakaknya alias Pakde-pakde saya  yang pada saat itu juga lagi butuh biaya gitu deh buat pendidikannya. Jadi Ibu baru kursus-kursus gitu untuk mengisi kekosongan abis lulus SMA.

Naaah, usut punya usut cerita dari embah Kakung, Bapak ini keasikan kerja di Ambon ampe lupa umurnya dah hampir duapuluh delapan tapi belum nikah-nikah. Sebagai seorang kakek yang memikirkan masa depan anak dan cucunya kelak embah Kakung minta Bapak pulang buat cari istri gitu deh. Pulanglah Bapak ke Jawa.

Suatu hari di hari cutinya pulang kampung Bapak sama kedua Pakliknya main ke Wonosobo (entahlah tujuannya kemana). Eh ujan deress tiba-tiba aja mengguyur daerah yang laksana ademnya kayak es itu. Meneduhlah Bapak dan kedua Pakliknya. Waktu mau berteduh di sebuah rumah bebentuk Joglo, Bapak liat jemurannya yang punya rumah belum dientas dengan sigap dan heroik Bapak langsung ngambilin baju-baju yang udah sedikit basah karena terkena air hujan itu tuh. Eh kok dari arah jalan ada seorang gadis cantik berlari-lari kecil kearah jemuran
.
Jreng jreeeng! langsung muncul deh back soundnya

“Pandangan pertama awal aku berjumpaa....”

Hahaha, ya gitu deh usut punya usut lagi gadis cantik itu adalah Ibu, dan Ibu adalah teman SMA Bulek saya, ya sudah jodoh gak akan kemana, kenal baru sebentar Ibu istikhoroh atas lamaran Bapak, dan pernikahan di tahun sembilan puluh itupun dilangsungkan. Setelah itu Ibu di boyong bapak ke Ambon dan jeng jeeeeeng lahirlah Asa ahahha.

“Dan kami jadikan kamu berpasang-pasangan”
(Annaba 8)

(Sumber kisah ini banyak, jadi kalau ditambah-tambahin biar jadi manis yaa resiko. Karena setiap transmisi teks atau penurunan teks dalam penurunannya selalu mengalami perubahan, dan lebih oke kalau ada variasinyakan asal jangan sampe korup aja deh *filologi mode:on* ahahaha. Teks yang paling asli ya cuma ada di memori Bapak dan Ibu sendiri mhihihi).

Betewe tentang proses penerimaan Saya about doktrin Bapak Ibu itu begini nih ceritanya. Suatu hari pernah percik-percik pemberontakan dari dalam diri saya tentang "katakan tidak untuk pacaran" muncul dan memberontak. Namun karena sikon lingkungan saya sejak SMP sudah baik alias hidup di lingkungan sekolah Islamic Boarding School yang penuh dengan peraturan dan benar-benar syar’i. Tanpa saya mencari pun di sekolah itu saya  mendapatkan pelajarannya. Sejak saat itu saya jadi tau betul alasan yang sesungguhnya mengapa di dalam islam tidak ada yang namanya pacaran. Pemberontakanpun selesai.

“Dan janganlah kalian mendekati zina. Sesungguhnya zina adalah perbuatan yang keji. Dan jalan yang buruk”
(Al-Isra’32)

Ya gitu deh teman, namanya aja sekolah islam, sama cowok-cowok pun saya dan kawan-kawan jarang dan hampir gak pernah bicara atau ngobrol dengan mahluk turunannya Adam itu. Sekalipun bicara ya yang penting-penting aja, toh ngobrol apa juga? Orang ketemu di jalan aja gak ada sapa-sapanya, say hello-say hellonya sama sekali padahal satu kelas. Kayaknya emang gitu deh tradisi di SMP saya dari daholoe sampe sekarang. Hemat saya sih gitu. Tapi alhamdulillah hal itu gak kebawa sampai saya  segede ini. So far so good kalau Saya punya temen cowok. Gak kayak jaman SMP gitu. Bisa berbaur lah selayaknya gadis biasa-biasa saja.

Ahaha masih lekat banget di pikiran saya, tentang barisan-barisan bangku kelas yang rapi, dua baris kanan ikhwan dua baris kiri akhwat. Tempat duduk murid-murid yang dewasa ini alhamdulillah sudah mendapatkan satu persatu cita-citanya yang dulu pernah ditulis di mapping Live lima tahun kedepan (masih inget yang nyuruh buat Pak Budi Ilmawan ). Hei kawan, apa kabar? Jadi kangen sama kalian yang dulu cupu-cupu tapi sekarang udap pada gaul. Yang kuliah, nyantri, belajar di abroad dan dimanapun kalian yang gak bisa Asa sebutkan satu persatu. Dari kalian Asa banyak belajar. Salah satunya ya tentang bahasan saya  kali ini, jalan menuju pernikahan.

Ababilpun (abege labil gitu loh) merubah sudut pandangnya dari pacaran menjadi pernikahan. Hahah kalau kata si Titiw Hidayatiw mah

“Jaman segitu mah aku masih hebboh-hebohnya baca komik Saa, kagak ada deh terbesit pikiran nikah, bocil banget ya aku?”

Enggak tiw bukan kamu yang bocah banget, tapi Asa aja yang aneh. Baca komik si tetep baca, tapi komiknya juga komik serial cantik yang happy endingnya menikah. Gimana gak heboh soal nikah coba. Udah gitu banyak Ustad sama Ustadzahnya Asa pada nikah. Sempurnalah bayangan si bocah kecil tentang indahnya pernikahan. Gyabooo!
Haha konyol si kalau bayangin anak sekecil itu udah mikir berat, tapi ya memang kenyataannya kayak gitu mau gimana coba.

Memasuki transisi putih abu, kelas sepuluh SMA masih aja mikir beraat, ya maklumlah pada saat itu momen om saya yang paling bungsu Om Sentot menikah. Kayaknya bahagia banget itu si om-om, tanteku, shalihah, cuaantik, baik. Perfect wedding deh. Dan moment yang paling saya suka dari pernikahan mereka adalah, Jeng jeng jeng! Waktu ijab kabul! Subhanallah waktu itu rasanya nano-nano deh, ada rasa pengen ketawa, tapi juga terharu banget, tapi juga bahagia sangat.

Jadi ni pembaca yang budiman, waktu ijab kabul om saya ini pake acara tereak keras waktu bilang

“SAYA TERIMA NIKAHNYA MALIANA TIMUR ARDIANTI BINTI bla bla bla DENGAN MASKAWIN bla bla bla”
“SAAH...!!”

Sumpaaah saya yang lagi minum air putih waktu itu kesedak gara-gara kaget abis denger orang ijab kabul tereak-tereak. Semua orang di sana juga ikut ketawa campur terharu melihat tingkah Om bungsuku itu. sampai-sampai Bapak saya geleng-geleng sambil mengangkat kepala keatas sebentar sembari matanya melihat kearah saya. Seakan-akan Bapak bilang

“Liat tuh mbak tingkah Om mu, ada-ada aja...”

Hahaha, memang sih ada-ada aja kata orang-orang yang mengikuti sesi akad nikahnya om saya. Tapi coba deh liat sisi lain romantisme om saya yang di tampilkan disana. Hey sodaraaa! dia itu lagi nunjukin bahwa dia sedang mengungkapkan kebahagiaanya karena pada hari itu ia telah menyempurnakan agamanya, mendapatkan sigaraning nyawanya dan memenangkan mendapatkan tante baru saya. Wuaaah, itu di mata saya sangaat sangaat manis sekali. Manis sampai-sampai saya punya bayangan indah akan sebuah ijab kabul hahaha, ngaco deh si bocil.

Heeem, tapi sejalannya waktu, berputarnya jarum jam, si bocil ini sejak persiapan UMPTN dan UN bener-bener free dari pikiran berat tentang a lovely wedding. Sampai ia bertemu dengan teman-temannya yang study oriented di kampus biru yang mendukung banget untuknya lebih banyak menyalurkan khayalannya dengan menulis. Menulis menulis menulis duduk dan lakukan ^^.

Banyak diskusi tentang pendamping hidup dengan mbak Nurul Hidayati semakin membuat asik merencanakan hari depan yang bukan hanya khayalan. Ya bukan hanya khayalan seorang bocil tentang indahnya pernikahan tapi juga hebatnya membangun beradapan besar di dalam keluarga. Kalau kata mbak Nurul yang bercita-cita nglanjutin S2 nya di abroad gini

“Semoga kelak kita mendapatkan mertua yang menyayangi kita seperti halnya ia menyayangi anaknya sendiri, karena tentunya kita pasti akan menyayangi mereka seperti halnya juga kita menyayangi orangtua kita sendiri”

Super sekali mbak Nurul, walau sumpah deh gak nyambung sama bahasan sebelumnya. ahahaha. Lha habisnya saya paling suka kata-kata Mbak Nurul yang ini hahaha. Jadi pengen aja disertakan ditulisan ini ehe.
................


Memang benar semua ini sudah di gariskan. Tinggal menanti waktu yang tepat ketika kita menemukan akhir dari tepi garis. Karena setiap aliran sungai pasti merindukan samudra. Yang pasti ada niat, dan Allah akan menunjukkan banyak jalan. Yang pasti dengan cara yang akhsan, baik, dan Allah sukai, maka bertemu dengan belahan jiwa yang telah tertulis di Lahul Mahfudzpun dengan cara yang terbaik. Ingat ya, bahwa keindahan itu akan bertemu dengan keindahan juga dan kebaikan itu akan bertemu pula dengan kebaikan yang lain juga. Itu janji Tuhanku.

insyaAllah ^^

"Dan perempuan yang baikadalah untuk lelaki yang baik dan laki-laki yang baik untuk wanita yang baik " 
(An Nur 26) 

Selesai

Yogyakarta, Desember 2010

2 komentar:

  1. ahahahahaha.... ekspresif banget. tulisan yang sangat hidup. bernyawa.

    abis ditulis, jangan lupa jiwanya jangan ketinggalan. :D

    BalasHapus
  2. yuhuuu tengkiu mas neilhoja hehehe aseeek banget dah komentarnyaa. =D

    BalasHapus