Powered By Blogger

Rabu, 25 September 2013

Curhat Ala Bang Zia #Hihihi

Ketika suamiku dengan baik hatinya membetulkan leptop kesayanganku, ternyata sambil curhat, hihihi lucu juga, maklum leptopnya bermasalah saat buat ngetik, jadinya dia coba ngetik-ngetik, eh nggak taunya ngetik-ngetik seserius ini, well terimakasih sayang.... ^^



Yogyakarta, 13 September 2013

Assalamualaykum warahmatullah wabarakatuh. Pertama-tama, saya mengucapkan puji syukur kehadirat Allah ‘azza wa jalla, yang telah memberikan saya kesempatan untuk berada di sini, dan berbagi ilmu yang saya miliki. Lalu, shalawat serta salam juga tercurah kepada nabi kita, baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagai wali-Nya di muka bumi, yang telah membawa risalah keimanan, dan membawa umat manusia dari zaman kegelapan menuju ke gemilangnya Islam.
Amma ba’du, pada kesempatan kali ini, sebetulnya bukan maksud saya untuk tulis-menulis. Pada dasarnya saya saat ini sedang tidak ada minat dan keinginan untuk menulis. Alasan sesungguhnya kenapa saya menulis, adalah karena laptop tempat saya menulis (baca: mengetik) ini adalah milik istri tercinta saya, Asa Gupita Lizadi. Dan sejak semalam, dia mengeluh karena laptopnya selalu hang, setiap dia mencoba mengetik untuk menyelesaikan skripsinya. Setiap membuka microsoft word  lalu mengetik sekitar setengah halaman, pasti berakhir dengan kondisi hang. Hal itu terjadi berkali-kali, sehingga membuat istri saya frustasi.

Maka, paginya saya mencoba membuktikannya sendiri. Saya hidupkan laptop, lalu mulai mengetik. Karena memang tujuannya adalah test, maka saya mengetik secara asal di laptop. Dan memang betul, laptopnya langsung hang.

Hm, menarik. Pikir saya seperti itu. Maka saya langsung membuka laptop saya dan browsing cara mengatasi laptop yang hang. Bingo! Ketemu! Ada beberapa kemungkinan. Mulai dari CPU usage (beban kerja CPU). Semakin besar CPU usage, semakin besar kemungkinan laptop untuk hang. Kedua, bisa jadi karena hardware laptop itu sendiri. Laptop istri saya ini terhitung sudah cukup ‘tua’. Lebih tua dari laptop ASUS saya yang baru sekitar setahun. Laptop bermerek COMPAQ ini mulai digunakan oleh istri saya saat mulai kuliah, sehingga usianya sekitar 3-4 tahun.

Untuk ukuran laptop, hardware-nya boleh jadi sudah ada beberapa yang butuh diganti atau usang. Seperti fan, atau RAM yang perlu ditingkatkan, atau yang lain. Saya lebih cenderung kepada fan, karena fan ini adalah satu-satunya hardware yang mencegah laptop mengalami overheat (kelebihan panas). Overheat sendiri adalah salah satu penyebab laptop hang juga.

Atas dasar asumsi-asumsi itu, maka saya melakukan tes kecil berikutnya. Kalau tes pertama tadi sekadar membuka microsoft word, lalu mengetik asal, maka kali ini saya akan lebih ‘serius’. Yakni membuka microsoft word, sambil membuka windows task manager (Ctrl+alt+del) dan melihat tab performance, tempat dimana CPU usage berada.

Setelah itu, saya membuka Al-Kalam, software murattal Al-Qur’an yang komplit abis, dan memutar surat (terus terang, kalo yang ini saya milihnya ngasal. Yang penting murottal. Hehe :P ) lalu setelah itu, saya mulai mengetik.

Dan hingga tulisan ini sampai pada paragraf berikut, CPU usage masih pada kisaran 3-5%, atau dengan kata lain, CPU Usage sangat minim. Sesaat tadi sempat melonjak sampai angka 20%, tapi itu masih batas toleransi. Dan masih belum hang. Saya bingung, tadi rasanya baru mengetik sebeentar, tahu-tahu sudah hang. Sekarang, saya sudah mengetik cukup banyak, tapi belum hang juga. Apa permasalahannya?

Maka fokus saya beralih pada kemungkinan adanya virus. Memang kebetulan laptop istri saya ini, masih belum terinstall software antivirus yang mumpuni. Satu-satunya antivirus yang ada adalah SMADAV, yang juga lama tak diupdate. Mungkin saya bakal kasih AVAST! Free edisi 2013 di laptop ini.sebentar lagi saya kopikan installer-nya.

Oke, sudah masuk halaman kedua, dan Al-Kalam juga mulai membacakan surah Al-Isra’. Dan masih belum hang. Berarti CPU Usage terlalu tinggi, dan overheat, saya kesampingkan. Kemungkinan besar adalah masalah virus.

Hehe, semoga bisa segera sembuh ya laptop ini. Karena ini senjata istri saya untuk menyelesaikan skripsinya. Tadi sebetulnya saya agak nggak enak karena menginterupsi istri yang sedang asyik nonton Recto Verso di laptop saya, karena saya mau nyari info soal laptop yang hang. Kasihan, soalnya dirumah TVnya lagi rusak dan dia lama ngga nonton film baru. Tapi yah, mau gimana lagi. Maaf yah, sayangku ^_^

Semoga stabilitas laptop ini terjaga, tidak mengalami kudeta kemakmuran, sehingga istri saya bisa menyelesaikan skripsinya tepat waktu, sebelum 23 my age. Nanti saya panggil istri saya ke sini. Nunjukin, ‘ini loh sayangku, laptopnya masalahnya begini dan begini’. Sip sip!


Begitulah curhat ala Bang Zia suami saya.... hihihi.

-End-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar